Sering Dianggap Mirip, Ini Perbedan Ikan Tuna dengan Ikan Tongkol

Ikan tuna sering kali disamakan dengan ikan tongkol. Padahal keduanya berbeda. Apa perbedaan di antara keduanya?

Ikan tuna dan ikan tongkol sekilas memiliki perawakan yang sama. Apalagi mereka berasal dari famili yang sama, yaitu scombridae. Selain itu, kedua ikan ini memiliki warna dominan yang sama yaitu warna metalik. Namun, berikut perbedaan kedua ikan tersebut.

Tuna (Thunnus)

Ikan tuna memiliki tubuh besar dan berat. Bagi ikan tuna muda beratnya bisa 5 kilogram (kg), sementara ikan tuna dewasa memiliki berat 35-350 kg. Punggungnya memiliki warna metalik dengan aksen warna sesuai jenisnya pada ujungnya seperti kuning ataupun biru.

Daging ikan tuna berwarna merah muda. Tekstur daging ini halus dan lembut. Karena itu, ikan tuna sering dijadikan hidangan karena tekstur daging serta volume yang besar. Melansir laman agrotani.com, ikan tuna memiliki beberapa jenis, seperti tuna sirip biru dan tuna sirip kuning. Jenis tuna yang digemari untuk disantap adalah tuna sirip biru (blue fin).

Melansir laman worldwildlife.org, tuna merupakan ikan yang kuat, gesit, dan cepat. Ikan ini termasuk perenang yang memiliki kecepatan mencapai 77 km/jam.

Ikan tuna cenderung banyak ditemukan pada perairan Indonesia bagian timur seperti Maluku hingga Papua. Melansir laman bobo.grid.id, ikan tuna asal Indonesia sering di ekspor ke Thailand, Jepang, Tiongkok, Eropa, dan Amerika Serikat. Bahkan jumlah ekspor ke luar negeri lebih banyak dibandingkan yang dikonsumsi di Indonesia.

Tongkol (Euthynnus affinis)

Ikan tongkol berwarna lebih gelap dan badan yang lebih ramping dibandingkan ikan tuna. Ikan tongkol memiliki panjang punggung sekitar 60 cm dan berwarna biru gelap metalik dan mengkilat. Selain itu, punggungnya memiliki ciri khas pola garis-garis seperti garis miring serta berbentuk acak.

Daging ikan tongkol memiliki tekstur yang lebih kasar. Bahkan jika seseorang memiliki tenggorokan yang sensitif, daging ikan tongkol akan terasa sedikit gatal di tenggorokan. Ikan tongkol biasanya ditemukan di perairan Indonesia bagian tengah.

Walaupun ikan tuna dan tongkol berbeda, namun kandungan ikan ini kurang lebih sama. Kedua ikan ini kaya akan omega-3. Selain itu mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin B12, B, dan A. Kedua ikan ini juga mengandung selenium, magnesium, kalium, tiamin, tembaga, zat besi, serta nutrisi lainnya.

JACINDA NUURUN ADDUNYAA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.