Kisah Wright Bersaudara Melayangkan Pesawat Terbang Bermesin Pertama

TEMPO.CO, Jakarta -Pada 17 Desember 1903 Orville dan Wilbur Wright melayang di Kitty Hawk North Carolina, Amerika Serikat dengan pesawat terbang bermesin pertama.

Dua orang jenius dengan sebutan Wright bersaudara ini dihargai atas perancangan pesawat terbang pertama.

Dilansir dari p2k.unkris.ac.id, Wright bersaudara membuat penerbangan terkendali pertama memakai pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara.

Sebelumnya mereka memiliki toko yang menjual dan memperbaiki sepeda motor.

Dengan dasar memiliki ilmu pengetahuan mengenai mekanika, Wright bersaudara pada 1889 mulai membuat tiga pesawat terbang bersayap kembar.

Pesawat-pesawat tersebut diuji oleh Wright hingga 1000 kali penerbangan dan sukses besar.

Terinspirasi dari karya ahli aeronautik seperti Otto Lilienthal, Octave Chanute dan Samuel P. Langley, Wright bersaudara membuat mesin motor ringan dan dipasang di pesawat keempat yang dibuat. Pesawat tersebut dinamakan Wright Flyer.

Pada zaman itu mesin hanya untuk pemakaian secara umum karena terlalu berat untuk digunakan dalam penerbangan pesawat. Kejeniusan dari Wright bersaudara mengalahkan seluruh pabrik yang sanggup merancang mesin yang cukup ringan, kedua bersaudara Wright merancang sendiri pesawat dan mesinnya.

Disebutkan dalam luk.staff.ugm.ac.id, di Carolina Utara, Wright bersaudara melakukan dua penerbangan pada hari itu. Penerbangan pertama dilakukan Orville Wright berlangsung 12 detik dan mencapai jarak 120 kaki atau sejauh sekitar 40 meter.

Penerbangan terakhir, yang dilakukan Wilbur Wright, berlangsung 59 detik dan mencapai ketinggian 852 kaki atau sekitar 25 meter.

Saat penerbangan pesawat bermesin pertama tersebut tidak dimuat dalam banyak koran yang akan terbit keesokan harinya bahkan hanya ada lima orang yang menjadi saksi mata.

Perjuangan Wright bersaudara sudah dimulai sejak uji coba berbagai produk aeronautika dengan percobaan membuat pesawat yang cukup untuk ditumpangi orang namun mesinnya tidak cukup kuat untuk mengangkat. Hingga akhirnya seluruh percobaan digabungkan dan berhasil.

Pesawat terbang yang kini dijuluki Kitty Hawk memiliki sayap dengan bobot 750 pon dengan panjang 40 kaki. Mesinnya memiliki 12 tenaga kuda dengan berat 170 pon. Untuk melihat pesawat pertama yang menjadi saksi sejarah penerbangan pertama di dunia oleh Wright bersaudara dapat dilihat di Museum Udara dan Ruang Angkasa Washington D.C, Amerika Serikat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.